PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN
|

A. Umum
1. Pendahuluan
Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna bersumber pada nilai-nilai Filsafat Pancasila dan agama, jiwa perjuangan 1945, persahabatan dan kekeluargaan, perkembangan ekonomi, sosial, dan teknologi; seni budaya, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan hidup; keamanan dan ketertiban masyarakat, adat-istiadat dan tata susila, kepemimpinan dan kewirausahaan.
2. Acara Kegiatan
a. Acara kegiatan di tingkat kecamatan diikuti oleh seluruh warga perkemahan secara bersama-sama dan diselenggarakan oleh pimpinan perkemahan. Contoh: upacara pembukaan, malam api unggun, malam cakra, upacara penutupan dan apel.
b. Acara kegiatan di tingkat kelurahan, RW, dan RT diikuti oleh seluruh peserta sesuai dengan wilayah kependudukanya masing-masing. Contoh: temu pinsa.
c. Acara kegiatan rotasi diikuti oleh seluruh peserta sesuai dengan jadwal rotasi masing-masing. Contoh: giat keterampilan, wawasan, sub camp, bakti dan persaudaraan.
d. Acara penghargaan terdapat dalam beberapa item kegiatan bertujuan untuk memeriahkan, memberikan apresiasi, dan memotivasi. Kegiatan yang terdapat penghargaan sebagai berikut:
- Jurnalistik : Berita Terbaik
- Pentas Seni : Pementasan Pentas Seni Terbaik
3. Arah Kegiatan
a. Membina dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, kecakapan, keterampilan, dan pengalaman Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega;
b. Membina dan mengembangkan kepemimpinan, kemampuan mengelola organisasi dan kegiatanya;
c. Mengadakan pertukaran pengalaman, pandangan, pendapat dan kecakapan di antara para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
d. Membiasakan hidup bersama dan bergotong royong, serta menanamkan sifat toleransi dan kesetiakawanan.
4. Sifat Kegiatan
Kreatif, rekreatif, produktif, dan inovatif.
5. Metode Kegiatan
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Demonstrasi
d. Simulasi
e. Penugasan
f. Pelatihan
g. Penghargaan
6. Strategi Kegiatan
Strategi yang diterapkan dalam kegiatan ini sesuai dengan PDKMK (Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan) yaitu Learning by Doing.
B. Jenis kegiatan
No
|
Jenis Kegiatan
|
Nama Kegiatan
|
1.
|
Giat Umum
|
a. Upacara Pembukaan
b. Upacara Penutupan
c. Malam Cakra
d. Malam Api Unggun
e. Jumpa Tokoh
f. Temu Pinsa dan Bindamping
g. Pentas Seni
|
2.
|
Giat Rutin
|
a. Ibadah
b. Apel Pagi dan Sore
c. Olahraga
d. Korve
e. PAM Swakarsa
|
3.
|
Giat Keterampilan
|
a. Jurnalistik
b. Kewirausahaan
c. Pengelolaan Limbah Plastik
|
4.
|
Giat Wawasan
|
a. Manajemen Bencana
b. Messengers of Peace
c. Kesakaan
1) Saka Bakti Husada
2) Saka Bhayangkara
3) Saka Kalpataru
4) Saka Wirakartika
5) Saka Kencana
6) Saka Wanabakti
d. Bedah Jukran
1) PP Nomor 176 Tahun 2013
2) PP Nomor 231 Tahun 2007
e. Wawasan Kebangsaan
f. Diskusi Penegak
g. Lantas
|
5.
|
Giat SubCamp
|
Survival
|
6.
|
Giat Bakti dan Persaudaraan
|
a. Pencegahan Demam Berdarah
b. Prokasih (Program Kali Bersih)
c. Bolang (Bocah Petualang)
d. Outbond
e. Anjangsana
f. Dinamika Kelompok
g. Moment Berbagi
|
7.
|
Giat Bindamping
|
a. Upacara Pembukaan
b. Malam Cakra
c. Upacara Penutupan dan Api Unggun
d. Karang Pamitran
|
C. Pengorganisasian Kegiatan
1.
![]() |
Mekanisme Mengikuti Kegiatan Umum & Rutin
2. Mekanisme Mengikuti Kegiatan Non Umum & Rutin

D. Teknis Kegiatan
1. Kegiatan Umum
a. Upacara Pembukaan Raimuna Cabang Tahun 2015
Tujuan
|
:
|
Meningkatkan jiwa patriotisme dan watak disiplin serta memupuk rasa tanggungjawab dan rasa kebersamaan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Dihadiri oleh seluruh warga perkemahan
- Seluruh peserta upacara berbaris sesuai sangga masing-masing.
- Akan dibuka secara resmi oleh Mabicab Purworejo.
- penyematan tanda peserta serta aparat perkemahan
- Buka adat Cakranegara ditandai dengan penancapan kapak Cakranegaradilanjutkan dengan pembacaan Sandi Cakranegara
|
Hari/tanggal
|
:
|
Jumat, 30 Oktober 2015
|
Waktu
|
:
|
14.00 s.d. 15.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Lapangan Perkemahan
|
Plotting
|
:
|
All
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka Lengkap
|
b. Temu Pinsa (Pimpinan Sangga) dan Bindamping
Tujuan
|
:
|
Melakukan koordinasi kehidupan perkemahan antara aparat pemerintahan dan warga perkemahan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Rapat koordinasi & diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Jumat, 30Oktober 2015
|
Waktu
|
:
|
19.00 s.d 22.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula A
|
Plotting
|
:
|
1 orang Pinsa
1 orang Bindamping
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka Lengkap
|
Perlengkapan
|
:
|
- ID Card
- Buku kegiatan
- Alat tulis
|
c. Jumpa tokoh
Tujuan
|
:
|
Meningkatkan wawasan serta peningkatan pembentukan karakter positif dari setiap individu
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Tema “Peran Pramuka pada zaman globalisasi”
- Peserta berdialog secara langsung oleh narasumber
- Dialog akan dipimpin oleh moderator
- Narasumber :
Ketua Kwartir Cabang Purworejo
|
Hari/tanggal
|
:
|
Sabtu, 31 Oktober 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d. 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula A
|
Plotting
|
:
|
3 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- ID card
- Buku kegiatan
- Alat tulis
|
d. Pentas Seni
Tujuan
|
:
|
1. Memberikan kesempatan kepada setiap kontingen untuk menampilkan keahlian dalam bidang seni
2. Memberikan wadah silaturahmi dan meningkatkan persaudaraan.
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Setiap Gugus Depan menampilkan sebuah pementasan dengan tema “Generasi Pramuka Mengeksplorasi Budaya Lokal”
- Waktu pementasan untuk setiap Gudep maksimal 10 menit
- Semua perlengkapan pentas disiapkan sendiri oleh peserta. Panitia hanya menyediakan sound system, microfon dan panggung pementasan
- Terdapat penghargaan untuk Pementasan Terbaik
|
Hari/tanggal
|
Sabtu dan Minggu, 31 Oktober dan 01 November 2015
| |
Waktu
|
:
|
19.00 s.d 22.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Lapangan Perkemahan
|
Plotting
|
:
|
7 / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Kondisional
|
Perlengkapan
|
:
|
Menyesuaikan
|
e. Malam Cakra
Tujuan
|
:
|
Menggalang persatuan dan persaudaraan seluruh warga perkemahan Raicab tahun 2015
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Peserta berkumpul di lapangan penghargaan
- Pelaksanaan setelah malam api unggun dan upacara penutupan
- Hiburan dan pengumuman kegiatan bersifat penghargaan
|
Hari/tanggal
|
:
|
Selasa, 3November 2015
|
Waktu
|
:
|
21.00 s.d 22.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Lapangan Perkemahan
|
Plotting
|
:
|
All
|
Dresscode
|
:
|
Seragam pramuka
|
f. Upacara Penutupan dan Malam Api Unggun
Tujuan
|
:
|
Meningkatkan jiwa patriotisme dan watak disiplin serta memupuk rasa tanggungjawab dan rasa kebersamaan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Dilaksanakan setelah kegiatan selesai
- Dihadiri oleh seluruh warga perkemahan dan tamu undangan
- Akan ditutup oleh Ketua Kwartir Cabang Purworejo
- Pelepasan tanda peserta dan aparat perkemahan
- Tutup adat Cakranegara ditandai dengan pencabutan kapak Cakranegara
- Penyalaan api dasa dharma oleh 10 orang peserta
- Pembacaan renungan
|
Hari/tanggal
|
:
|
Selasa, 3 November 2015
|
Waktu
|
:
|
19.00 s.d. 21.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Lapangan Perkemahan
|
Plotting
|
:
|
All
|
Dresscode
|
:
|
Seragam pramuka Lengkap
|
2. GIAT RUTIN
a. Ibadah
Tujuan
|
:
|
Menjalankan kewajiban serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Dilaksanakan setiap hari selama kegiatan di tempat ibadah
|
Hari/tanggal
|
:
|
30 Oktober – 4 November 2015
|
Waktu
|
:
|
Menyesuaikan
|
Tempat
|
:
|
Menyesuaikan
|
Perlengkapan
|
:
|
Kondisional
|
b. Olahraga
Tujuan
|
:
|
Menjaga kesehatan fisik kegiatan berlangsung
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Dilaksanakan setiap pagi sebelum memulai kegiatan pagi. Olahraga yang dilakukan dapat berupa senam senam pramuka, senam variasi dan mop.
|
Hari/tanggal
|
:
|
Sabtu s.d. Rabu, 31 Oktober s.d. 4 November 2015
|
Waktu
|
:
|
05.00 s.d 06.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Lapangan Perkemahan
|
Plotting
|
:
|
6 orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Pakaian olahraga
|
c. Apel
Tujuan
|
:
|
Memberikan informasi mengenai kegiatan yang akan berlangsung per hari
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Dilaksanakan setiap pagi dan sore hari
|
Hari/tanggal
|
:
|
Sabtu s.d Selasa, 31 Oktober s.d. 03 Nopember 2015
|
Waktu
|
:
|
Pagi: 07.00 s.d. 07.30 WIB
Sore: 17.00 s.d. 17.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Lapangan utama
|
Plotting
|
:
|
2 orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam pramuka
|
d. PAM Swakarsa
Tujuan
|
:
|
Menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan perkemahan selama berkegiatan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Dilaksanakan setiap malam hingga pagi
- Jadwal PAM sesuai jadwal yang ditentukan oleh aparat pemerintahan
- Setiap malam terdapat 3 shift
|
Hari/tanggal
|
:
|
Sabtu s.d Selasa, 31 okt s.d 3 Nov 2015
|
Waktu
|
:
|
22.30 s.d 04.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Area Bumi Perkemahan
|
Dresscode
|
:
|
Kondisional
Id Card
|
e. Korve
Tujuan
|
:
|
Menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan lingkungan perkemahan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Peserta melaksanakan piket harian di masing-masing tenda sesuai Plotting peserta
|
Hari/tanggal
|
:
|
Jumat s.d Selasa, 30 okt s.d 3 Nov 2015
|
Waktu
|
:
|
Menyesuaikan plotting
|
Plotting
|
:
|
1 orang/ sangga
|
Tempat
|
:
|
Tenda masing-masing
|
Dresscode
|
:
|
Kondisional
|
3. GIAT KETERAMPILAN
a. Jurnalistik
Tujuan
|
:
|
Memberikan keterampilan menulis berita
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Pemberian Materi membuat berita
- Praktik membuat berita tentang Raimuna Cabang
- Terdapat penghargaan untuk berita terbaik
|
Hari/tanggal
|
:
|
Minggu, 1 November 2015
|
Waktu
|
:
|
13.00 s.d 16.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula A
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
- Kamera
|
b. Kewirausahaan
Tujuan
|
:
|
Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang ketrampilan kewirausahaan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Materi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Senin, 2 November 2015
|
Waktu
|
:
|
19.00 s.d 22.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula B
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Kaos lapangan
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
c. Pengelolaan Limbah Plastik
Tujuan
|
:
|
Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang ketrampilan mengolah limbah plastik
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Materi dan praktik
|
Hari/tanggal
|
:
|
Senin, 2 November 2015
|
Waktu
|
:
|
13.00 s.d. 16.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula B
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
- Gunting / cutter
- Setiap peserta membawa minimal 10 buah limbah plastik kemasan kopi, snack dan sebagainya
|
4. GIAT WAWASAN
a. Manajemen Bencana
Tujuan
|
:
|
Memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai deteksi bencana dan penanggulangan bencana
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Materi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Selasa , 3 November 2015
|
Waktu
|
:
|
13.00 s.d 16.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula B
|
Plotting
|
:
|
4 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
b. Messengers Of Peace
Tujuan
|
:
|
Memberikan wawasan dan pengetahuan MoP
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Diskusi interaktif dan games
|
Hari/tanggal
|
:
|
Sabtu, 31 Oktober 2015
|
Waktu
|
:
|
13.00- 16.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula B
|
Plotting
|
:
|
2 orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
c. KESAKAAN
1) SAKA Bakti Husada
Tujuan
|
:
|
Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang SAKA Bakti Husada
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Ceramah & Diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Selasa, 3 November 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d. 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula A
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
2) SAKA Bhayangkara
Tujuan
|
:
|
Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang SAKA Bhayangkara
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Ceramah & Diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Minggu, 1 November 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula A
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
- Peluit
|
3) SAKA Kalpataru
Tujuan
|
:
|
Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang SAKA Kalpataru
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Ceramah & Diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Senin, 2 November 2015
|
Waktu
|
:
|
13.00 s.d 16.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula A
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
4) SAKA Wirakartika
Tujuan
|
:
|
Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang SAKA Wirakartika
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Ceramah & Diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Senin, 2 November 2015
|
Waktu
|
:
|
10.00 – 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula B
|
Plotting
|
:
|
3 orang / sangga (peserta sama dengan peserta survival)
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
5) SAKA Kencana
Tujuan
|
:
|
Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang SAKA Kencana
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Ceramah & Diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Senin, 2 November 2015
|
Waktu
|
:
|
19.00 s.d 22.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula A
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
6) SAKA Wanabakti
Tujuan
|
:
|
Memberikan pengetahuan tentang saka Wanabakti dan melakukan praktik secara langsung
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Materi dan praktik
|
Hari/tanggal
|
:
|
Senin, 2 November 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d. 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Area Buper Arga Putera
|
Plotting
|
:
|
2orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Kaos kegiatan
|
Perlengkapan
|
:
|
- ID Card
- Buku kegiatan
- Alat tulis
- Sabit / arit
- Meteran jahit
- Cat kecil warna merah (1 sangga 1 buah)
|
d. Bedah Jukran PP Nomor 176 Tahun 2013 dan PP Nomor 231 Tahun 2007
Tujuan
|
:
|
Peserta menganalisis hambatan yang terjadi pada jukran dan bersama-sama mencari solusi
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Ceramah dan diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Sabtu, 31 Oktober 2015
|
Waktu
|
:
|
13.00 s.d. 16.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula A
|
Plotting
|
:
|
5 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
e. Wawasan Kebangsaan
Tujuan
|
:
|
Memberikan Wawasan tentang 4 pilar kebangsaan guna meningkatkan rasa Nasionalisme , patriotisme,
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Ceramah dan diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Sabtu, 31 Oktober 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d. 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula B
|
Plotting
|
:
|
2 orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
f. Diskusi Penegak
Tujuan
|
:
|
Peserta menganalisis hambatan yang terjadi pada pelaksanaan kegiatan gugus depan dan bersama-sama mencari solusi
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Ceramah dan diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Senin, 2 November 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d. 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula A
|
Plotting
|
:
|
2orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
g. Lantas
Tujuan
|
:
|
Memberikan wawasan serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar mengenai tata cara berlalu lintas yang baik dan benar
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Ceramah dan praktik
- Peserta dibagi menjadi akan diberikan materi oleh instruktur mengenai pengenalan rambu-rambu lalu lintas, cara mengatur lalu lintas, serta olah TKP dan beberapa materi kebhayangkaraan lainya.
- Peserta akan melakukan praktik mengatur lalu lintas di sekitar jalur kemacetan yang akan ditentukan oleh instruktur.
|
Hari/tanggal
|
:
|
Minggu,1 November 2015
|
Waktu
|
:
|
13.00 s.d. 16.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula B
|
Plotting
|
:
|
2 orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
- Peluit
|
5. GIAT SUBCAMP
Survival
Tujuan
|
:
|
Meningkatkan kemandirian, melatih keterampilan bertahan hidup, memberikan pengetahuan dan pengalaman baru serta memupuk rasa kebersamaan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Materi dan praktik
|
Hari/tanggal
|
:
|
Senin s.d Selasa , 2 s.d 3 November 2015
|
Waktu
|
:
|
Keberangkatan : tanggal 2 November 2015
pukul 13.00 WIB
Kepulangan : tanggal 3 November 2015
pukul 16.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Kawasan hutan
|
Titik kumpul
|
:
|
Lapangan perkemahan
|
Plotting
|
:
|
3 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Kaos Kegiatan
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
- Perlengkapan ibadah
- Perlengkapan pribadi
- Baju ganti
- Alat standar survival
a. Matras
b. Jas hujan (batman)
c. Kompor lapangan+paravin
d. Panci
e. Pisau
f. Korek api
- Beras dan garam secukupnya (untuk 3 kali makan)
|
6. GIAT BAKTI DAN PERSAUDARAAN
a. Pencegahan Demam Berdarah
Tujuan
|
:
|
Memberikan tindakan preventif terhadap penyakit demam berdarah yang terdapat di kawasan perkemahan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Materi dan praktik
|
Hari/tanggal
|
:
|
Selasa, 3 NoVember 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d. 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Area Perkemahan
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Seragam Pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
- Alat kebersihan ( ex : sapu lidi, cetok dan lain-lain)
|
b. Prokasih (Program Kali Bersih)
Tujuan
|
:
|
Membersihkan lingkungan kali (sungai) dekat area perkemahan demi berlangsungnya keselarasan hidup dengan alam sekitar
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Peserta diarahkan untuk membersihkan area perkemahan berupa selokan yang menuju ke sungai
- Membersihkan sungai / kali Bogowonto yang terletak di dekat area perkemahan
- Peralatan kebersihan dibawa sendiri oleh peserta kecuali kantong plastik tempat sampah
|
Hari/tanggal
|
:
|
Sabtu, 31 Oktober 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d. 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Area Perkemahan
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Kaos Kegiatan
|
Perlengkapan
|
:
|
- ID Card
- Buku kegiatan
- Alat kebersihan
a. Sapu lidi
b. Cetok
c. Cangkul dll
- Karung 2 buah tiap sangga
- Plastik tempat sampah disediakan panitia
|
c. Bolang (Bocah Petualang)
Tujuan
|
:
|
Meningkatkan kemandirian, melatih skill, menyalurkan bakat, memberikan pengetahuan, dan pengalaman baru serta memupuk rasa kebersamaan.
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Outdoor activity
- Peserta akan berjalan menjelajahi rute jelajah alam dengan bekal sebuah “peta” dari panitia
- Peserta berjalan sesuai kelompoknya yang telah ditentukan
- Peserta akan menemui beberapa pos dan menyelesaikan tugas setiap pos
a. Pos 1 : Wawasan Kebangsaan
b. Pos 2 : Pengetahuan lagu, pahlawan dan wisata
daerah
c. Pos 3 : Halang rintang
- Setelah semua pos terlewati peserta kembali menuju lapangan perkemahan
|
Hari/tanggal
|
:
|
Minggu, 1 November 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d. 16.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Area Buper
|
Plotting
|
:
|
3 orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Kaos Kegiatan
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
- Jas hujan / ponco
- Bekal makan dan minum
- Perlengkapan ibadah
- Obat pribadi
|
d. Outbond
Tujuan
|
:
|
Menumbuhkan rasa persaudaraan antar peserta dan sebagai wadah refreshing
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Permainan besar yang dilakukan bersama-sama sebagai perekat kebersamaan
|
Hari/tanggal
|
:
|
Jumat, 30 Oktober 2015
|
Waktu
|
:
|
16.00 s.d. 17.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Lapangan Utama dan Lapangan tembak
|
Plotting
|
:
|
All
|
Dresscode
|
:
|
Kaos lapangan
|
Perlengkapan
|
:
|
- ID Card
- Buku kegiatan
- Bekal minum
|
e. Anjangsana
Tujuan
|
:
|
Ajang perkenalan dan perekat kebersamaan antar warga perkemahan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Kunjungan ke tenda kontingen lain sebagai wadah silaturahmi dengan warga perkemahan
- Tata cara pelaksanaan anjangsana diserahkan sepenuhnya kepada warga perkemahan yang tercakup dalam lingkungan RT, RW dan Kelurahan
|
Hari/tanggal
|
:
|
Senin, 2 November 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 s.d. 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Area Perkemahan
|
Plotting
|
:
|
2 orang / sangga
|
Dresscode
|
:
|
Kondisional
|
Perlengkapan
|
:
|
Menyesuaikan
|
f. Dinamika Kelompok
Tujuan
|
:
|
Memberikan wahana untuk berkenalan dan manambah persaudaraan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Indoor game
|
Hari/tanggal
|
:
|
Jumat, 30 Oktober 2015
|
Waktu
|
:
|
19.00 s.d. 22.00 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula B
|
Plotting
|
:
|
6orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Bebas & rapi
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
|
g. Momen Berbagi
Tujuan
|
:
|
Memberikan wadah untuk merefleksi diri selama kegiatan dan meningkatkan persaudaraan
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
- Ice breaking
- Peserta akan berbagi pengalaman & bertukar kado
|
Hari/tanggal
|
:
|
Selasa, 3 November 2015
|
Waktu
|
:
|
21.00 s.d. 22.30 WIB (saat Malam Cakra)
|
Tempat
|
:
|
Lapangan Perkemahan
|
Plotting
|
:
|
8 orang/ sangga
|
Dresscode
|
:
|
Kemeja Batik
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis
- ID Card
- Buku kegiatan
- Slayer
- Setiap peserta membawa kado maksimal seharga Rp 5.000,00 berupa 5 jenis barang yang berbeda.
- Dibungkus dengan daun variasi hiasan seunik mungkin
- Dicantumkan nama, asal gudep, nomor HP/pin dsb.
|
7. GIAT BINDAMPING
KARANG PAMITRAN
Tujuan
|
:
|
Memberikan bekal, wawasan dan ketrampilan kepada Pembina
|
Bentuk kegiatan
|
:
|
Ceramah & Diskusi
|
Hari/tanggal
|
:
|
Selasa, 3 November 2015
|
Waktu
|
:
|
08.00 – 11.30 WIB
|
Tempat
|
:
|
Aula B
|
Plotting
|
:
|
Bindamping
|
Dresscode
|
:
|
Seragam pramuka
|
Perlengkapan
|
:
|
- Alat tulis - ID Card
|
JADWAL KEGIATAN RAIMUNA
KWARTIR CABANG PURWOREJO
TAHUN 2015
Tanggal
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Plotting
|
Lokasi
|
Dresscode
|
Jumat, 30 Oktober 2015
|
08.00 – 09.00
|
Registrasi
|
All
|
Sekretariat
|
Seragam pramuka
|
09.00 – 11.00
|
Pendirian Tenda
|
All
|
Lapangan Perkemahan
|
Kondisional
| |
11.00 – 13.00
|
Isho
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
13.00 – 13.30
|
Gladi upacara pembukaan
|
All
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
14.00 – 15.30
|
Upacara Pembukaan
|
All
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
15.30 – 16.00
|
Isho
|
All
|
Tenda Masing-masing
|
Kondisional
| |
16.00 - 17.30
|
Outbond
|
All
|
Lapangan Perkemahan
|
Kaos Lapangan
| |
17.30 – 19.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
19.00 – 22.00
|
Temu Pinsa dan Bindamping
|
Pinsa & Bindamping
|
Aula A
|
Seragam pramuka
| |
Dinamika Kelompok
|
6 orang / sangga
|
Aula B
|
Kemeja Batik
| ||
Korve
|
1 orang / sangga
|
Tenda Masing-masing
|
Kondisional
| ||
Sabtu, 31 Oktober 2015
|
05.00 – 06.00
|
Olahraga
|
6 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Kaos lapangan
|
07.00 – 07.30
|
Apel Pagi
|
2 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
08.00 – 11.30
|
Jumpa Tokoh
|
3 orang / sangga
|
Aula A
|
Seragam pramuka
| |
Wawasan Kebangsaan
|
2 orang /sangga
|
Aula B
|
Seragam Pramuka
| ||
Prokasih
|
2 orang / sangga
|
Area Perkemahan
|
Kaos kegiatan
| ||
Korve
|
1 orang / sangga
|
Tenda Masing-masing
|
Kondisional
| ||
11.30 – 13.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
13.00 - 16.30
|
Bedah Jukran Nomor 176 Tahun 2013
Bedah Jukran Nomor 231 Tahun 2007
|
5 orang / sangga
|
Aula A
|
Seragam Pramuka
| |
Messager of Peace
|
2 orang / sangga
|
Aula B
|
Seragam pramuka
| ||
Korve
|
1 orang / sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
16.30 – 17.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
17.00 – 17.30
|
Apel Sore
|
2 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
17.30 – 19.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
19.00 – 22.00
|
Pentas Seni
|
7 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Kondisional
| |
Korve
|
1 orang / sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
Minggu, 1 November 2015
|
05.00 - 06.00
|
Olahraga
|
6 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Kaos lapangan
|
07.00 – 07.30
|
Apel Pagi
|
2 orang/ sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
08.00 – 11.30
|
Saka Bhayangkara
|
2 orang / sangga
|
Aula A
|
Seragam Pramuka
| |
Bolang (Bocah Petualang)
|
3 orang / sangga
|
Area Perkemahan
|
Kaos kegiatan
| ||
Diskusi Penegak
|
2 orang / sangga
|
Aula B
|
Searagam Pramuka
| ||
Korve
|
1 orang /sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
11.30 – 13.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
13.00 – 16.00
|
Lanjutan Bolang
|
3 orang / sangga
|
Area Perkemahan
|
Kaos kegiatan
| |
Jurnalistik
|
2 orang/ sangga
|
Aula A
|
Seragam Pramuka
| ||
Lantas
|
2 orang / sangga
|
Aula B
|
Seragam Pramuka
| ||
Korve
|
1 orang / sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
16.00 – 17.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
17.00 – 17.30
|
Apel Sore
|
2 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
17.00 – 19.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
19.00 – 22.00
|
Pentas Seni
|
7 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Kondisional
| |
Korve
|
1 orang / sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
Senin, 2 November 2015
|
05.00 – 06.00
|
Olahraga
|
6 orang/ sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Kaos lapangan
|
07.00 – 07.30
|
Apel Pagi
|
2 orang/ sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
08.00 – 11.30
|
Saka Wanabakti
|
2 orang/sangga
|
Area Perkemahan
|
Kaos kegiatan
| |
Anjangsana
|
2 orang / sangga
|
Area Perkemahan
|
Kondisional
| ||
Korve
|
1 orang/ sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
10.00 – 11.30
|
Saka Wirakartika
|
3 orang / sangga
|
Aula B
|
Seragam Pramuka
| |
11.30 – 13.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
13.00 – 16.00
|
Survival
|
3 orang/ sangga
|
Menyesuaikan
|
Kaos Kegiatan
| |
Saka Kalpataru
|
2 orang/sangga
|
Aula A
|
Seragam Pramuka
| ||
Pengelolaan Limbah Plastik
|
2 orang/ sangga
|
Aula B
|
Seragam Pramuka
| ||
Korve
|
1 orang / sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
16.00 – 17.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
17.00 – 17.30
|
Apel Sore
|
2 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
17.00 – 19.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
19.00 – 22.00
|
Lanjutan Survival
|
3 orang / sangga
|
Menyesuaikan
|
Kondisional
| |
Saka Kencana
|
2 orang/ sangga
|
Aula A
|
Seragam Pramuka
| ||
Kewirausahaan
|
2 orang / sangga
|
Aula B
|
Seragam Pramuka
| ||
Korve
|
1 orang/ sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
Selasa, 3 November 2015
|
05.00 – 06.00
|
Olahraga
|
6 orang/ sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Kaos lapangan
|
07.00 – 07.30
|
Apel Pagi
|
2 orang/ sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam pramuka
| |
08.00 – 11.30
|
Lanjutan Survival
|
3 orang / sangga
|
Menyesuaikan
|
Kondisional
| |
Saka Bakti Husada
|
2 orang/ sangga
|
Aula A
|
Seragam Pramuka
| ||
Karang Pamitran
|
Bindamping
|
Aula B
|
Seragam pramuka
| ||
Pencegahan DBD
|
2 orang/ sangga
|
Area Perkemahan
|
Seragam pramuka
| ||
Korve
|
1 orang / sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
11.30 – 13.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
Lanjutan Survival
|
3 orang / sangga
|
Menyesuaikan
|
Kondisional
| ||
Manajemen Bencana
|
4 orang / sangga
|
Aula B
|
Seragam Pramuka
| ||
Korve
|
1 orang / sangga
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| ||
16.00 – 17.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
17.00 – 17.30
|
Apel Sore
|
2 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
17.00 – 19.00
|
Istirahat
|
All
|
Kondisional
|
Kondisional
| |
19.00 – 21.00
|
Upacara Penutupan + Api Unggun
|
All
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam Pramuka
| |
21.00 – 22.30
|
Malam Cakra
|
All
|
Lapangan Perkemahan
|
Seragam pramuka
| |
Momen Berbagi
|
All
|
Lapangan Perkemahan
|
Menyesuaikan
| ||
Rabu, 4 November 2015
|
05.00 – 06.00
|
Olahraga
|
6 orang / sangga
|
Lapangan Perkemahan
|
Kaos Lapangan
|
06.00 - 08.00
|
Kebersihan lingkungan + Pembongkaran Tenda
|
All
|
Tenda masing-masing
|
Kondisional
| |
08.00 – 10.00
|
Penyelesaian Administrasi
|
All
|
Sekretariat
|
Seragam pramuka
|

A. UMUM
Suksesnya Raicab Purworejo Tahun 2015 antara lain tergantung kepada daya guna dan hasil guna pengadaan, pengaturan dan penggunaan sarana dan prasarana yang telah disiapkan oleh sangga kerja.
Pelaksanaan tugas bidang sarana prasarana akan berhasil dengan baik, bilamana tercipta koordinasi yang baik antara sangga kerja, panitia penyelenggara dan peserta Raicab Purworejo Tahun 2015.Untuk menunjang hal tersebut diperlukan adanya petunjuk teknis bidang sarana prasarana yang disusun dengan teliti, lengkap dan baik.
B. MAKSUD
Petunjuk teknisbidang sarana prasarana ini dimaksudkan sebagai pedoman kerja, sarana koordinasi bidang sarana prasarana dengan bidang lain dalam sangga kerjaserta pedoman fasilitas akomodasi seluruh warga Raicab Purworejo Tahun 2015.
C. FASILITAS TEMPAT
- Kompleks Perkemahan
- Kompleks Kecamatan Cakranegara
- Kantor Kelurahan
- Lapangan Utama
- Tempat Giat Main Camp
- Tempat Giat Sub Camp
- Tribun Panggung Utama
- Rumah Sakit Mini
- Posko Keamanan dan Siaga
- Lapangan Parkir
D. FASILITAS PELAYANAN
1. Kesehatan
2. Penerangan
3. Parkir
4. Keamanan
5. Sanitasi dan Pengolahan Sampah
6. Lost and Found (pengaduan kehilangan dan penemuan)
E. ORGANISASI PENYELENGGARA
Penyelenggara bidang sarana prasarana Raicab Purworejo Tahun 2015 terdiri dari :
1. Ketua Bidang Sarana Prasarana
a. Bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas pokok penyelenggara bidang sarana prasarana.
b. Memberi petunjuk dan pengarahan kepada penyelenggara bidang sarana prasarana.
c. Mengkoordinasi pelaksanaan tugas pokok penyelenggara bidang sarana prasarana.
d. Melaporkan segala hal yang berhubungan dengan bidang sarana prasarana kepada ketua sangga kerja.
2. Kepala Seksi Perlengkapan
a. Menkoordinasikan segala hal yang berhubungan dengan perlengkapan dalam Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Melaporkan hasil kerja kepada ketua bidang sarana prasarana.
3. Kepala Subseksi Perlegkapan
a. Mengkoordinasikan pemenuhan dan penyiapan perlengkapan dalam kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Membantu kepala seksi perlengkapan dalam pelaksanaan tugas pokok seksi perlengkapan.
4. Kepala Subseksi Konsumsi
a. Mengkoordinasikan segala hal mengenai konsumsi dalam kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Membantu Kepala seksi perlengkapan dalam pelaksanaan tugas pokok dalam hal konsumsi.
5. Kepala Seksi Sarana
a. Bertanggungjawab atas pemenuhan sarana Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Menkoordinasikan segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan sarana Raicab Purworejo Tahun 2015.
c. Melaporkan hasil kerja kepada ketua bidang sarana prasarana.
6. Kepala Subseksi Keamanan
a. Mengkoordinasikan segala hal tentang pelayanan keamanan dalam kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Membantu kepala seksi sarana dalam pelaksanaan tugas pokok seksi sarana.
7. Kepala Subseksi Kesehatan
a. Mengkoordinasikan segala hal tentang pelayanan kesehatan dalam kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015
b. Membantu kepala seksi sarana dalam pelaksanaan tugas pokok seksi sarana.
8. Staf Perlengkapan
Melaksanakan segala hal yang berkaitan dengan pelayanan bidang sarana prasarana dalam kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015.
F. FASILITAS TEMPAT
1) Kompleks Perkemahan
a. Tapak kemah pada kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015 dibagi menjadi 2 (dua) yaitu kelurahan putera dan kelurahan puteri.
b. Luas area kavling tiap sangga adalah 5x10 m2.
c. Pembagian kavling diatur oleh sangga kerja Raicab Purworejo Tahun 2015 bidang pemerintahan.
2) Kompleks Kecamatan Cakranegara
a. Terdapat kompleks perkantoran sangga kerja dalam pelaksanaan Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Terdapat kantor kecamatan, areal giat, kantor sekretariat, dan lain-lain.
3) Kantor Kelurahan
a. Merupakan pusat pelayanan informasi dan pengaturan kehidupan perkemahan yang terletak di dalam wilayah kelurahan.
b. Terdapat lapangan di masing-masing kelurahan yang digunakan untuk keperluan kegiatan kelurahan.
4) Areal Giat
a. Main Camp merupakan area utama kegiatan peserta yang ada di dalam wilayah perkemahan.
b. Terdapat aula A, aula B, area lapangan, yang sepenuhnya digunakan untuk kegiatan yang dilaksanakan di dalam wilayah perkemahan.
5) Rumah Sakit Mini
a. Merupakan pusat pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Terdapat tenaga medis, perlengkapan kesehatan dan obat-obatan.
c. Warga perkemahan diharapkan menyiapkan perlengkapan kesehatan ringan.
d. Apabila rumah sakit mini tidak mampu menangani pasien maka akan dirujuk ke puskesmas rujukan terdekat.
e. Tersedia ambulan di area perkemahan.
6) Pasar dan Kedai
a. Di sekitar wilayah perkemahan terdapat pasar tradisional yang menyediakan kebutuhan sehari-hari.
b. Pasar terdekat berjarak kurang lebih 3 km.
G. FASILITAS PELAYANAN
1) Penerangan
Penerangan yang akan dipenuhi adalah kompleks perkantoran, tempat kegiatan, MCK, penerangan jalan, dan posko-posko pelayanan.
2) Kebersihan
a. Peserta diharapkan dapat menjaga kebersihan di seluruh kompleks perkemahan.
b. Pengolahan sampah akan dibedakan menjadi sampah organik dan anorganik.
c. Peserta membawa trashbag (kantong sampah) yang berguna untuk membungkus sampah sebelum dibuang ke TPA.
3) Transportasi dan Parkir
Sangga Kerja akan menyiapkan areal parkir untuk tamu undangan sedangkan transportasi peserta dapat parkir di lokasi yang telah disediakan sangga kerja.
4) Keamanan dan Siaga
a. Poskokeamananmerupakanfasilitaspelayanankeamanan yang diberikankepadaseluruhwargaperkemahanRaicabPurworejoTahun 2015.
b. Pelayanankeamanandansiagadilaksanakanselama 24 jam selamakegiatanRaicabPurworejoTahun 2015.

A. UMUM
Kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015 merupakan agenda pertemuan besar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Kabupaten Purworejo yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Segala perencanaan dan persiapan yang matang telah dilakukan guna mewujudkan kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015 agar terorganisir dengan baik. Dalam rangka memperlancar dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan, diperlukan suatu bentuk komunikasi yang baik antara bidang-bidang Raicab Purworejo Tahun 2015 yang meliputi bidang pemerintahan, administrasi, kegiatan, sarana prasarana, pengawasan penelitian dan evaluasi, serta keuangan dengan peserta kegiatan yang dalam hal ini dijembatani oleh bidang pemerintahan yang terdiri atas kecamatan dan kelurahan. Mekanisme komunikasi yang hendak dijembatani adalah dengan menerapkan pengaturan perkemahan Raicab Purworejo Tahun 2015 sebagaimana yang pernah dicantumkan dalam petunjuk pelaksanaan kegiatan untuk kemudian diperjelas dalam suatu petunjuk teknis pemerintahan yang disusun dengan teliti, lengkap dan baik dengan fungsi sebagai pedoman mekanisme perikehidupan perkemahan yang harmonis, dinamis, dan nyaman.
1. Maksud
Petunjuk teknis bidang pemerintahan ini dimaksudkan sebagai pedoman kerja dan sarana koordinasi bidang pemerintahan dengan bidang-bidang lain dalam sangga kerja dan peserta Raicab Purworejo Tahun 2015.
2. Tujuan
Petunuk teknis bidang pemerintahan ini dibuat dengan tujuan sebagai pedoman pelaksanaan kehidupan perkemahan Raicab Purworejo Tahun 2015, yang berkaitan dengan pergerakan peserta dan tata kehidupan sehari-hari.
3. Tugas Pokok
Bidang pemerintahan mempunyai tugas pokok melaksanakan, menkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan perkemahan selama kegiatan berlangsung.
4. Fungsi
Untuk dapat melaksanakan tugas pokok tersebut, bidang pemerintahan berfungsi sebagai pendukung kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015 untuk mengatur kehidupan sehari-hari yang meliputi :
a. Membentuk pemerintahan Raicab Purworejo Tahun 2015 serta menyusun tugas dan tanggung jawab masing-masing aparat perkemahan
b. Menyusun tata tertib (aturan adat) Raicab Purworejo Tahun 2015 secara sistematis.
c. Mengatur dan mengontrol kehidupan perkemahan Raicab Purworejo Tahun 2015 sehari-hari sesuai dengan tata tertib Raicab Purworejo Tahun 2015 yang telah disusun.
d. Mengkoordinir pelaksanaan pererakan kegiatan sehari-hari peserta Raicab Purworejo Tahun 2015.
e. Menyiapkan perangkat personil untuk memberikan pelayanan kepada para peserta, sangga kerja dan panitia penyelenggara.
B. URAIAN TUGAS, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB
Secara keseluruhanRaicab Purworejo Tahun 2015 dipimpin oleh penanggungjawab umum kegiatan yakni ketua sangga kerja kegiatan yang memiliki tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:
a. Menentukan pokok-pokok kebijakan pelaksanakan Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Memimpin dan mengatur pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sangga kerja Raicab Purworejo Tahun 2015.
c. Memimpin dan mengendalikan persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian Raicab Purworejo Tahun 2015.
d. Bertanggungjawab atas keseluruhan pelaksanaan kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015 kepada Panitia penyelenggara dan penanggungjawab kegiatan
Dalam pengelolaan pemerintahan, aparat perkemahan terdiri dari:
1. Camat
a. Bertanggung jawab terhadap jalannya kegiatan dan tata kehidupan Raicab Purworejo Tahun 2015 kepada penanggung jawab kegiatan melalui ketua panitia penyelenggara dan penanggung jawab teknis Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Memimpin, mengelola dan mengatur jalannya tata kehidupan di tingkat Kecamatan dengan mengkoordinasikan jajaran di bawahnya.
c. Membantu menertibkan pelaksanaan pelayanan dukungan administrasi, logistik, konsumsi, kesehatan dan lain-lain bagi seluruh peserta Raicab Purworejo Tahun 2015 di wilayah kerjanya.
d. Memimpin dan memberikan saran demi kelancaran tugas-tugas keamanan, ketertiban, tansportasi, komunikasi, informasi, penerangan,sarana prasarana, dan kebersihan lingkungan dan lain-lain.
e. Menyelenggarakan rapat-rapat koordinasi antara aparat perkemahan, baik di main camp maupun di sub camp.
f. Mengatur, memimpin, dan mengarahkan tugas-tugas kepada aparat perkemahan di wilayah kerjanya.
g. Mengambil kebijaksanaan atas hal-hal yang terjadi di wilayah kerjanya dengan berpegang pada aturan yang ada demi kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan Raicab Purworejo Tahun 2015.
2. Bendahara
a. Membantu camat dalam mengatur urusan keuangan selama kegiatan berlangsung.
b. Bertanggung jawab atas keseluruhan mekanisme administrasi keuangan dan pelaporan penggunaan keuangan kepada Ketua Kwartir CabangPurworejo melalui penanggungjawab teknis.
c. Bertanggung jawab kepada camat.
3. Kepala Bidang Kegiatan
a. Membantu camat secara keseluruhan dalam perencanaan, persiapan dan penyelesaian kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Membantu dan menjaga agar kegiatan sesuai dengan kebijakan umum serta bimbingan panitia penyelenggara.
c. Mengarahkan staf bidang kegiatan agar dapat mencapai sasaran.
4. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana
a. Membantu camat untuk mengatur, memimpin dan mengendalikan pelaksanaan serta kelancaran penyediaan dan pendistribusian sarana dan prasarana Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Mengarahkan staf bidang sarana dan prasarana agar dapat mencapai sasaran.
c. Bertanggung jawab kepada camat.
5. Keamanan
a. Mengkoordinasikan mekanisme pelaksanaan dan pengendalian sektor keamanan dengan pelaksanaan selama kegiatan berlangsung di seluruh area perkemahan.
b. Bertanggung jawab kepada camat.
6. Kesehatan
a. Mengkoordinasikan mekanisme pelaksanaan kesehatan selama kegiatan berlangsung.
b. Bertanggung jawab kepada camat.
7. Bidang Waslitev
a. Mengawasi seluruh proses perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015.
b. Mengadakan penelitian dan evaluasi terhadap seluruh proses dan kinerja pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan Raicab Purworejo Tahun 2015 atas seluruh unsur kepanitiaan yang terlibat.
c. Memberikan kritik, usul serta saran perbaikan jika ternyata terdapat hal-hal yang kurang maksimal.
d. Senantiasa mengingatkan seluruh jajaran panitia dan sangga kerja akan proses kegiatan yang dilaksanakan agar selaras dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai.
e. Bertanggung jawab kepada camat.
8. Lurah
a. Mengatur, memimpin dan mengendalikan pengarahan dan pergerakan kegiatan warga perkemahan di tingkat kelurahan.
b. Mengkoordinasikan jalannya perikehidupan dan kegiatan operasional di tingkat kelurahan.
c. Menjaga komunikasi dan memberikan pelayanan yang baik kepada warga kelurahan.
d. Bertanggung jawab kepada camat.
9. Staf Kelurahan
a. Mengkoordinasikan jalannya kegiatan di tingkat kelurahan
b. Berkoordinasi dengan kepala urusan giat kecamatan dalam pelaksanaan kegiatan
c. Mengkoordinasikan pelaksanaan keamanan dan pelayanan kesehatan di tingkat kelurahan.
d. Menyelenggarakan administrasi kelurahan dan mengatur pelaksanaan serta informasi kegiatan warga perkemahan tingkat kelurahan.
e. Mengkoordinasikan pemenuhan logistik dan pelayanan warga perkemahan.
f. Mengkoordinasikan pelaksanaan kebersihan lingkungan.
g. Bertanggung jawab kepada lurah.
10. Ketua RW
a. Ketua RW adalah ketua sangga yang dipilih berdasarkan kesepakatan bersama melalui musyawarah warga.
b. Membantu lurah dalam memimpin dan mengatur tata kehidupan perkemahan di tingkat RW dengan dibantu oleh seluruh aparat pemerintahan di tingkat RW.
c. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan operasional, pelayanan warga perkemahan, keamanan, kesehatan dan kebersihan lingkungan.
d. Bertanggung jawab kepada lurah.
11. Ketua RT
a. Ketua RT adalah ketua sangga yang dipilih berdasarkan kesepakatan bersama melalui musyawarah warga.
b. Membantu Ketua RW dalam menggerakkan warga di wilayah RT-nya masing-masing.
c. Mengkoordinasikan kegiatan warganya kepada aparat perkemahan di tingkat RW.
d. Bertindak sebagai komunikator antara sangga kerja dengan aparat perkemahan di tingkat RT.
e. Bertanggung jawab kepada Ketua RW-nya masing-masing.
C. PENGATURAN PEMERINTAHAN
Warga perkemahan Raicab Purworejo Tahun 2015 diibaratkan penduduk di sebuah Kecamatan yang seluruh pola kehidupannya disesuaikan dengan aspirasi warganya. Dipimpin oleh seorang camat yang dibantu oleh aparat pemerintahan mulai tingkat kelurahan hingga RT, pelaksana bidang kegiatan, pelaksana bidang sarana prasarana serta pelaksana bidang administrasi, keuangan dan dewan adat yang berkoordinasi dengan panitia penyelenggara.
1. Penempatan Warga Perkemahan
a. Kecamatan
Warga perkemahan Raicab Purworejo Tahun 2015 ditempatkan dalam suatu wilayah kecamatan yang dinamakan “Kecamatan Cakranegara”.
b. Kelurahan
Wilayah kelurahan merupakan pembagian tempat bermukim warga perkemahan. Pemukiman warga perkemahan dibagi menjadi 2 (dua) kelurahan, yaituKelurahan Awuawu Langit untuk perkemahan putera dan Kelurahan Nyi Bagelen untuk kelurahan puteri.
c. RW (Rukun Warga)
1. Setiap kelurahan dalam kecamatan Cakranegara terdiri dari 4 (empat) RW dipimpin oleh seorang Ketua RW yang dipilih berdasarkan musyawarah.
2. Masing-masing RW membawahi tiga sampai empat RT sebagai berikut:
RW Putera terdiri atas:
1) RW I : Muncar
2) RW II : Silangit
RW Puteri terdiri atas:
1) RW I : Ketawang
2) RW II : Jatimalang
d. RT (Rukun Tetangga)
1. Rukun Tetangga dipimpin oleh seorang Ketua RT yang dipilih berdasarkan musyawarah.
2. Dari setiap RW terdiri dari 2 s.d 3 RT yang mana masing-masing RT membawahi maksimal 4 (empat) sangga.
e. Sangga
1. Sangga adalah satuan terkecil peserta Raicab Purworejo Tahun 2015 yang terdiri dari 8 orang Pramuka Penegak atau Pramuka Pandega, terpisah putera dan puteri yang merupakan utusan gugusdepan.
2. Sangga dipimpin oleh seorang ketua sangga yang dipilih sesuai dengan musyawarah.
f. Sub Camp
Sub camp merupakan wilayah tempat pelaksanaan kegiatan di luar perkemahan yang terkoordinasi atas suatu wilayah. Dalam pelaksanaannya sub camp merupakan wilayah yang tersebar di LapanganYonif Invanteri 412, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.
2. Daftar Pembagian Tapak Perkemahan
KECAMATAN CAKRANEGARA
RW.
|
RT.
|
KELURAHAN
Awuawu Langit
|
KELURAHAN
Nyi Bagelen
|
A
|
B
| ||
0I
|
A01
|
B02
| |
A03
|
B04
| ||
A05
|
B06
| ||
A07
|
B08
| ||
02
|
A09
|
B10
| |
I
|
A11
|
B12
| |
A13
|
B14
| ||
A15
|
B16
| ||
03
|
A17
|
B18
| |
A19
|
B20
| ||
A21
|
B22
| ||
A23
|
B24
| ||
01
|
A25
|
B26
| |
A27
|
B28
| ||
A29
|
B30
| ||
A31
|
B32
| ||
02
|
A33
|
B34
| |
II
|
A35
|
B36
| |
A37
|
B38
| ||
A39
|
B40
| ||
03
|
A41
|
B42
| |
A43
|
B45
| ||
A46
|
B47
| ||
A48
|
B49
|
Mekanisme penempatan pembagian tapak kemah dilakukan dengan undian ketika Technical Meeting dilaksanakan.
3. Aparat Perkemahan
a. Tingkat Kecamatan
Kecamatan Cakranegara dipimpin oleh seorang camat perkemahan yang merupakan anggota Dewan Kerja CabangPurworejo dan dibantu:
1) Seorang bendahara yang merupakan anggota Dewan Kerja CabangPurworejo
2) Seorang kepala bidang kegiatan yang merupakan anggota Dewan Kerja CabangPurworejo
3) Seorang kepala bidang sarana dan prasarana yang merupakan anggota Dewan Kerja CabangPurworejo
4) Bidang waslitev yang merupakan anggota Dewan Kerja CabangPurworejo dan T/D Kabupaten Purworejo.
b. Tingkat Kelurahan
Kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang merupakan anggota Dewan Kerja CabangPurworejo dan dibantu oleh staf kelurahan yang merupakan anggota T/D Kabupaten Purworejo.
c. Tingkat RW
Rukun Warga atau disingkat RW dipimpin oleh seorang ketua RW dari unsur ketua sangga yang dipilih berdasar atas kesepakatan bersama melalui musyawarah warga. Masing-masing RW mengkoordinasikan 2 s.d 3 Rukun Tetangga atau disingkat RT.
d. Tingkat RT
Rukun Tetangga disingkat RT dipimpin oleh seorang ketua RT yang merupakan anggota dari salah satu sangga dan ditunjuk dalam musyawarah pembentukannya. Musyawarah pembentukan aparat pemerintahan tingkat RT dilaksanakan di tingkat RW dan dipimpin oleh Ketua RW yang bersangkutan serta dihadiri oleh masing-masing pemimpin sangga atau yang mewakili.
4. Kehidupan Perkemahan
a. Pelayanan Kelurahan
1) Kelurahan merupakan pusat penyampaian informasi di bawah kecamatan yang menyediakan pelayanan administrasi kegiatan perkemahan.
2) Dalam rangka pelayanan administrasi kegiatan perkemahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), kelurahan mencatat data-data peserta yang telah mengikuti kegiatan guna penentuan berhak atau tidaknya pemberian tanda ikut serta kegiatan dan piagam kegiatan.
3) Dalam rangka mensukseskan kegiatan, kelurahan menyediakan sarana temu pimpinan sangga yang akan dilaksanakan setiap hari pada pukul 20.00 WIB. Tempat pelaksanaan temu pinsa dilaksanakan di masing-masing RW secara bergiliran.
4) Mekanisme komunikasi antar bidang di kelurahan dilakukan oleh lurah kepada masing-masing ketua bidang Raicab Purworejo Tahun 2015.
5) Segala bentuk pengaduan, kritik, dan saran dapat disalurkan di kelurahan sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan.
6) Pelayanan kelurahan dilaksanakan pagi sampai malam dengan ketentuan waktu, pagi dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 WIB, siang mulai pukul 13.00 s.d 16.00 WIB, dan malam mulai pukul 19.00 s.d 22.00 WIB.
b. Aktivitas
1) Aktivitas kegiatan merupakan kegiatan meliputi giat rutin dan giat persaudaraan yang dilakukan di kelurahan maupun di kecamatan.
2) Giat rutin antara lain apel pagi dan sore, ibadah, korve, temu pinsa dilaksanakan di kelurahan, sedangkan giat rutin Upacara Pembukaan, Upacara Penutupan, Malam Cakra, Malam Api Unggun, Jumpa Tokoh, dan Gebyar Raimuna dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis kegiatan.
3) Giat persaudaraan yakni kegiatan bersama yang dilaksanakan antara warga perkemahan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dilaksanakan sewaktu-waktu baik di kelurahan maupun di kecamatan.
c. Sistem Pengolahan Sampah
1) Pengolahan sampah dilakukan dengan memilah sampah organik dan an-organik sejak dari produsen sampah pertama yaitu peserta, panitia maupun penunjang.
2) Setiap sangga memiliki 2 tempat (kantung plastik) yang dibagi 1 plastik untuk sampah kering dan 1 plastik untuk sampah basah.
3) Setiap sangga bertanggungjawab atas kebersihan lokasi tendanya.
4) Pusat pembuangan sampah terletak di lokasi yang strategis yang dapat diakses oleh truk pembuangan sampah.
5) Tanggung jawab pembuangan sampah dilakukan oleh setiap masing-masing sangga.
6) Petugas camp service akan mengambil sampah pada lokasi yang strategis setiap hari pada pukul 07.00 WIB.
7) Sebelum meninggalkan lokasi Raicab Purworejo Tahun 2015, setiap sangga harus mendapatkan tiket bersih dari kelurahan yang dapat dipakai untuk mengambil TISKA dan Piagam.
d. Menggunakan Air Secara Bijaksana
1) Manfaatkan air secara bijaksana dan hematlah air bersih.
2) Bila berwudlu, buka kran sekecil mungkin agar air yang terbuang tidak terlalu banyak.
3) Bila bersikat gigi, jangan membuka kran selama menggosok gigi. Ambillah air dalam gelas atau gayung.
4) Bila mencuci peralatan atau pakaian, bukalah kran air secukupnya dan segera tutup bila tidak diperlukan.
5) Ingatkan teman dengan sopan dan ramah untuk untuk tidak memboroskan air.
6) Apabila menemukan kebocoran air atau kran rusak, segera lapor ke sangga kerja di Kelurahan atau kecamatan.
7) Jatah pengambilan konsumsi air memasak sehari-hari akan dilakukan sebanyak dua (2) kali yakni pagi (05.00 s.d. 08.00 WIB) dan sore (14.00 s.d. 17.00 WIB).
8) Demi kelancaran pengambilan air, setiap sangga dianjurkan untuk menampung air sebagai persediaan konsumsi air sehari-hari.
e. Korve
Korve sangga diatur dalam rotasi. Peserta yang giliran korve tetap akan mendapat stempel kegiatan di kelurahan. Penugasan korve dimaksudkan untuk menjaga areal wilayah tenda masing-masing kontingen dengan penugasan lain yang diberikan oleh sangga kerja Raicab Purworejo Tahun 2015.
f. Penggunaan Listrik
1) Sumber listrik di area perkemahan disediakan oleh sangga kerja bidang sarana prasarana Raicab Purworejo Tahun 2015.
2) Peserta diperkenankan membawa sumber listrik lain seperti genset dan lainnya.
3) Waktu operasional genset adalah jam malam mulai pukul 17.00 s.d. 22.00 WIB dan jam pagi mulai pukul 04.00 s.d 06.00 WIB. Setelah pukul 22.00 WIB semua genset peserta harus dimatikan demi kenyamanan warga perkemahan.
4) Aturan mengenai penggunaan genset disusun oleh aparat kelurahan.
g. Camp Service
1) Camp Service adalah sekumpulan peserta dan sangga kerja yang membantu Raimuna selama 1 hari secara bergiliran untuk melakukan tugas demi kenyamanan, kebersihan dan ketertiban tempat Raicab Purworejo Tahun 2015.
2) Petugas Camp Service adalah peserta dan setiap sangga yang dijadwalkan untuk menjadi korve ketika jam kegiatan sedang berlangsung.
3) Briefing bagi Camp Service dilakukan setiap pukul 09.45 WIB oleh Lurah di Kelurahan.
4) Camp Service bekerja mulai pukul 10.00 – 11.00.
5) Tugas Camp Service meliputi kebersihan, ketertiban, pembuangan dan pengolahan sampah, pembersihan, dan kesiapan MCK maupun sarana umum dan tugas lain untuk kepentingan bersama.
6) Setiap petugas Camp Service diharapkan membawa peralatan kebersihan.
7) Petugas Camp service mengisi presensi kegiatan di kelurahan masing-masing.
h. Pam Swakarsa
1) Pam Swakarsa merupakan kegiatan malam yang difungsikan untuk membantu aparat keamanan menjaga keamanan bumi perkemahan Raicab Purworejo Tahun 2015.
2) Pam swakarsa menugaskan peserta dari masing-masing RW sebanyak 8 (delapan) orang untuk berjaga malam secara bergiliran dengan jadwal yang ditentukan oleh aparat kelurahan.
3) Jadwal pam swakarsa dibagi menjadi 3 shift.Shift pertama pada pukul 22.00 s.d 00.00 WIB. Shift kedua pada pukul 00.00 s.d 02.00 WIB. Shift ketiga pada pukul 02.00 s.d 04.00 WIB.
4) Pam swakarsa dilaksanakan mulai pukul 22.00 s.d. 04.00 WIB.
5) Titik kumpul pam swakarsa adalah pada kelurahan masing-masing dan akan mendapat arahan langsung dari koordinator bidang keamanan.
6) Peserta pam swakarsa wajib mengisi presensi kegiatan pam swakarsa dan melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.
i. Zona Persaudaraan
Zona persaudaraan adalah zona yang mewajibkan semua warga perkemahan untuk menambah dan menjaga tali silaturahmi antar warga perkemahan. Zona ini mengharuskan warga perkemahan untuk saling mengenal satu sama lain. Tanda-tanda zona persaudaraan akan diberikan di tempat umum seperti tempat ibadah, lapangan utama, dan pemerintahan.
j. Zona Bersih dan Sehat
Zona bersih dan sehat adalah zona yang mewajibkan semua warga perkemahan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sebagai salah satu wujud bentuk kepedulian terhadap lingkungan, baik lingkungan tempat kegiatan atau lingkungan sekitarnya. Tempat-tempat yang termasuk dalam zona ini adalah semua tempat di areal perkemahan.
k. Penemuan dan Kehilangan Barang
1) Setiap orang yang menemukan atau kehilangan suatu barang hendaknya melapor kepada aparat kelurahan sesuai dengan lokasi kelurahan di mana letak benda hilang atau ditemukan.
2) Setiap berita kehilangan dan penemuan barang hendaknya dilaporkan kepada aparat kelurahan guna mendapat surat keterangan kehilangan atau penemuan yang dapat digunakan sebagai pengantar untuk meminta atribut hilang dan tindak lanjut pencarian atau pengembalian barang.
3) Setiap berita kehilangan atau penemuan barang akan diumumkan melalui kelurahan dan kecamatan dengan media-media yang mampu digunakan untuk mengumumkan kehilangan atau penemuan benda.
l. Area Bebas Rokok
1) Area bebas rokok adalah wilayah yang tidak diperbolehkan untuk digunakan sebagai tempat merokok.
2) Area bebas rokok mencakup seluruh area perkemahan, dan tempat kegiatan
kak bisa minta juknis PDF nya kak
BalasHapus